Analisis Aplikasi JD.id

   Layout

   Layout yang digunakan dalam JD.id :

  • Linear layout

  Linear layout menjajarkan semua data dalam satu arah baik secara vertical ataupun horizontal.

  • Relative layout

   Menampilkan komponen dalam posisi relative, seperti di sebelah kiri atau bawah tampilan atau sejajar kiri tau kanan.

  • Frame layout

    Dimana komponen dibuat menjadi bertumpukan.

  • Scroll view

Komponen dapat digeser scroll secara vertical ataupun horizontal.

ANALISIS APLIKASI JD.id

   Layout yang digunakan dalam JD.id :

  • Linear layout

  Linear layout menjajarkan semua data dalam satu arah baik secara vertical ataupun horizontal.

  • Frame layout

    Dimana komponen dibuat menjadi bertumpukan.

  • Scroll view

    Komponen dapat digeser scroll secara vertical ataupun horizontal.

 Fitur JD.id :             

  1. Desain logo
  • Tampilan grafis
  • Tampilan daftar
  • Tampilan login

Cara berbelanja di JD.id :

1.    Dowload dan Buka Apikasi Jd.id

Mengunduh dan memansang aplikasi JD.id . Kamu bisa mendapatkan aplikasi jual beli online yang satu ini secara gratis melalui Apple App Store dan juga google play store . Atau jika tidak menggunakan aplikasi , kamu juga bisa menggunakan web browser untuk membuka situs resmi JD.id dan dowload aplikasinya.

2.    Daftar Dan Masuk Akun

Jika sebelumnya kamu sudah memiliki akun JD.id kamu bisa langsung masuk dengan menekan tombol login atau masuk dibagian atas halaman.Jika belum punya,kamu harus daftar terlebih dahulu untuk membuat akun caranya klik,”DAFTAR” lalu isi dengan lengkap beberapa kolom sesuai dengan data yang diminta. Jika sudah selesai klik opsi “DAFTAR” Lalu kode “SMS”. Patikan nomor kamu dalam kondisi aktif karena Jd.id akan mengirimkan pesan berisi kode sms ke nomor yang kamu masukkan . Setelah menerima sms dari Jd.id, masukkan kode sms tersebut ke kolom di samping kode sms.

3.    Cari Produk

Setelah berhasil masuk, kamu bisa mencari produk yang kamu inginkan. Di Jd.id ini tentu tersedia berbagai macam produk yang berbeda-beda sehingga kamu bisa memanfaatkan kolom “Search”  yang tersedia di kolom atas menu. Masukkan kata kunci dari produk yang kamu cari maka sistem akan otomatis mencari beberapa barang yang terkait dengan kata kunci yang kamu masukkan. Setelah ketemu,klik pada gambar untuk memunculkan info dan detail dari produk tersebut.

4.    Tap Beli Sekarang

Kemudian jika sudah yakin dengan barang yang kamu beli. Cara belanja online di Jd.id dengan mudah selanjutnya adalah menekan “TOMBOL BELI SEKARANG”. Untuk melakukan pemesanan barang yang kamu inginkan tersebut. Dan jika kamu masih ingin mencari barang lainnya di Jd.id , kamu hanya perlu menekan tombol “Masukkan Ke Trolli”

5.    Konfirmasi pembelian

                     Setelah selesai berbelanja, cek kembali list belanjaan kamu. Dan konfirmasi barang pembelian jika sudah yakin. Hal ini dilakukan untuk memastikan status pembelian kamu karena jika sudah di konfirmasi , kamu akan dipandu menuju halaman pembayaran

1.    Isi Dan Konfirmasi Alamat Tujuan Pengiriman

Sampai di halaman pembayaran , kita akan diminta mengisi beberapa informasi yang di butuhkan terkait pengiriman. Isilah data yang benar dan lengkap terutama nama dan alamat tujuan pengiriman. Setelah selesai cek kembali informasi yang kamu masukkan dan pastikan sudah benar seluruhnya.

2.    Metode Pembayaran

Setelah itu kamu kana di beri beberapa pilihan metode pembayaran yang ingin kamu gunakan. Pembayaran ini bisa dilakukan secara tunai , emnggunakan kartu debit atau kartu kredit

3.    Klik Bayar Sekarang

Cara belanja online di Jd.id selanjutnya adalah menekan tombol “Bayar Sekarang”  dan kemudian akan muncul jendela yang berisi konfirmasi pesanan barang. Setelahnya pilihan metode pembayaran akan otomatis muncul , lalu pilihlah metode yang sesuai dengan kartu atau rekening yang kamu punya . Setelah itu lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang muncul di layar.

4.    Konfirmasi Pembayaran

Setelah melakukan pembayaran , jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran. dan Jika kamu memilih metode COD , kamu tidak perlu melakukan konfirmasi ini.

5.    Menunggu Kiriman Barang

Proses pengiriman akan segera di lakukan setelah tim jd.id memvalidasi konfirmasi pembayaran yng kamu kirimkan menggunakan jasa kurir. Untuk itu kamu tinggal menunggu atau mengecek  resi dan lokasi barang kamu hingga barang kamu sampai di rumah.

Kelebihan JD.id :

    Kelebihan yang dimililki JD.ID adalah memiliki pengiriman paket yang geratis karena JD.ID memiliki kurir pengirimanya sendiri, dan barang yang dijual adalah barang milik sendiri yang keaslianya terjamin sehingga pembeli tidak perlu khawatir akan keaslian barang saat membelinya dari JD.ID. JD.id juga memberikan fitur tambahan yaitu JD.ID X adalah sebuah fitur dari JD.ID yang memberikan pengalaman baru bagi customer dalam berbelanja. Sistem belanja dengan penerapan teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang menawarkan pengalaman berbelanja yang sepenuhnya bersifat futuristis sekaligus memaksimalkan fitur teknologi kekinian, seperti pemindai wajah, radio-frequency identification (RFID), serta metode pembayaran non tunai.

Kekurangan JD.id :

   Kelemahan dari JD.ID terletak dari harga yang diberikan, karena barang yang dijual adalah barang yang asli/original tentusaja harga yang diberikan adalah harga ritel yang diberikan pada merek awalnya. Pengiriman yang belum maksimal, karena pengiriman barang dilakukan dengan kurir milik JD.ID sendiri.

Tinggalkan komentar